Sebuah Studi Menemukan Parkinson Dapat Dikenali Dari Cara Mengetik Keyboard

Gejala parkinson pada seseorang dapat dikenali dengan beberapa cara. Studi baru-baru ini menemukan bahwa terdapat cara untuk melihat gejala parkinson yang terjadi pada seseorang dengan melihat cara orang bersangkutan dalam mengetik di keywboard komputer.

Luca Giancardo, Ketua peneliti dari Massachusetts Institute of Technology atau MIT di Amerika Serikat telah mengembangkan teknik yang dapat digunakan untuk memantau perkembangan parkinson melalui interaksi antara pasien parkinson dengan keyboard komputer.

“Dengan teknik ini, peneliti dapat memantau tanda-tanda parkinson melalui ketikan email ataupun pembaruan status Facebook di rumah,” kata Giancardo.

Peneliti mengamati dinamika keystroke, teknik ini dapat mengindentifikasi pengguna komputer ketika mereka menekan dan melepas setiap tombol dengan durasi 100 milidetik. Hal ini dapat digunakan untuk memonitor dampak penyakit motorik seperti parkinson ketika pasien di rumah.

Dalam jurnal Scientific Reports, penelitian melibatkan 85 partisipan yang dimana 42 diantaranya terindentifikasi memiliki penyakit parkinson tahap awal. Peneliti meminta para peserta atau partisipan untuk mengetuk sebuah tulisan yang mereka pilih dalam 10 atau 15 menit di keyboard komputer yang telah dipasang software atau program pengukur waktu.

“Hasil dari penelitian ini, para partisipan dengan parkinson tahap awal menghasilka variasi yang berbeda dalam waktu setiap menekan dan melepas keyboard. Sementara itu para partisipan yang sehat menghasilkan waktu yang lebih seragam.,” kata Giancardo.

Dengan melihat variasi waktu menekan dan melepas tombol, para peneliti dapat mengetahui tanda dari penyakit perkinson pada sebuah kelompok atau komunitas.