Hati-Hati, Inilah Penyakit Yang Mengintai Untuk Anak Yang Mengalami Obesitas

Anak yang terlalu gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan. Akan tetapi, sebagai orangtua sebaiknya anda memberikan perhatian lebih ataupun mengambil tindakan cepat apabila anak anda sudah memiliki berat badan yang tidak wajar atau kelebihan berat.

Terdapat beberapa resiko penyakit yang mengintai anak dengan obesitas seperti kanker, diabetes tipe 2, stroke hingga penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian terbaru di Denmark, anak-anak dengan indeks massa tubuh yang tinggi memiliki risiko terkena kanker usus besar yang lebih tinggi. Semakin tinggi massa tubuh juga membuat semakin tinggi resiko yang dimiliki.

Pada penelitian kedua, anak-anak dengan indeks massa tubuh yang tinggi juga berisiko untuk terserang oleh stroke pada usia dewasa nanti. Masalah kelebih berat badang pada anak harus segera diatasi oleh orang tua dengan membiasakan anak untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu untuk mengontrol berat badan.

Pertanyaan yang muncul adalah mengapa harus segera ditangani?Sebab, masalah penaykit terkait obesitas pada anak dapat muncul jauh sebelum usia dewasa. Tidak heran jika anak dengan obesitas dapat terkena diabetes tipe 2 pada usia remaja.

Mereka juga dapat mengalami nyeri lutut, kesulitan berjalan, asma hingga sleep apnea. Tidak hanya pada masalah tubuh, terdapat juga masalah psikologis yang akan ditanggung oleh anak-anak dengan kelebihan berat badan.

Anak dengan obesitas kerap kurang percaya diri hingga depresi yang menyebabkan turunya kualitas hidup mereka. Obesitas pada anak biasanya akan terus berlangsung hingga dewasa. Resiko untuk terserang penyakit yang lebih buruk jiga akan semakin tinggi.

Berdasarkan data The American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, kasus obesitas pada anak yang paling banyak ditemui adalah pada usia 5-6 tahun dan juga usia remaja. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa anak yang gemuk pada usia 10-14 tahun memiliki peluang 80 persen untuk mengalami masalah kegemukan ketika beranjak dewasa.